Minggu, 17 Juni 2012

Festival Danau Sentani V, Satu Untuk Semua


Peta penyebaran kampung sekitar Danau Sentani

Jayapura- Tahun ini, Festival Danau Sentani (FDS) kembali digelar untuk yang kelima kalinya. Mengusung tema "One for All", festival ini diharapkan bisa mengangkat kebudayaan Papua yang mulai redup.

"Tahun ini Festival Danau Sentani kembali digelar pada 19-23 Juni 2012 di Pantai Kalkhote, Sentani Timur," kata Bupati Jayapura, Jansen Monim dalam konferensi pers FDS di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (13/6/2012).

Tujuan diadakannya FDS 2012 adalah untuk melestarikan seni dan budaya, juga keindahan alam Kabupaten Jayapura. Dengan mengusung tema "One for All", FDS akan menampilkan beragam kegiatan dan atraksi budaya khas Papua.

Rencananya FDS 2012 akan menampilkan tiga acara utama, yakni menari di atas perahu, perang di atas perahu dan upacara sakral masyarakat Sentani. Lebih dari 1.000 peserta akan memeriahkan pesta rakyat ini.

Tidak hanya itu, dalam FDS 2012, peserta akan diajak tur keliling melihat keindahan alam Papua. Mulai dari berkeliling Danau Sentani, berkunjung ke beberapa objek wisata, hingga berkunjung ke perkampungan di Kabupaten Jayapura. Jadi, bersiap-siaplah untuk jatuh cinta dengan Tanah Papua.

"Tahun ini Festival Danau Sentani akan semakin meriah karena diikuti juga oleh kabupaten lain selain Jayapura, seperti Kabupaten Asmat dan Biak," tambah Jansen.

Jansen juga berharap, dengan adanya Festival Danau Sentani, pariwisata Papua bisa semakin dikenal masyarakat luas. Kebudayaan Papua pun semakin terjaga kelestariannya. Ayo, ramai-ramai datang ke Festival Danau Sentani 19-23 Juni 2012 nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar